Komunitas Penggiat Sejarah Perjuangan Bangsa dan Sahabat Para pejuang Indonesia (Community of National Struggle History Activists and Friends of Indonesian Warriors)

" Selamat Datang di Website Komunitas Cinta Pejuang Indonesia (KCPI)"

PERBEDAAN SISTEM PENJAJAHAN BELANDA DAN JEPANG


PERBEDAAN SISTEM PENJAJAHAN BELANDA DAN JEPANG

BELANDA
Belanda datang ke Indonesia awalnya dengan niat dagang. Didorong keserakahan kegiatan dagang itu kemudian disertai dengan jalan kekerasan untuk mengamankan kelancaran dagang. Kepada mereka yang mengganggu kepentingan dagang diperlakukan dengan kejam tetapi kepada mereka yang tidak mengganggu dan malah membantu, diperlakukan dengan baik, diberi pendidikan dan diberi kebebasan berpikir. Belanda menjajah hanya dalam urusan ekonomi tetapi orang yang ada di wilayah jajahan secara peribadi tetap orang merdeka dalam berpikir dan sebagian dari mereka kemudian yang menggerakan perjuangan kemerdekaan melawan penjajah. Orang Belanda sendiri tidak sama dalam menghadapi penjajahan, sebagian orang Belanda malah membantu proses kemerdekaan Indonesia. 

JEPANG
Jepang datang ke Indonesia dengan tujuan mengamankan pemasukan bahan baku untuk kepentingan industri mereka. Jepang memang datang untuk menjajah dan bercita-cita menyatukan seluruh Asia di bawah kekuasaan Jepang. Banyak orang yang dianggap menentang penjajahan Jepang diperlakukan dengan amat kejam, demikian juga banyak wanita dijadikan pemuas nafsu tentara Jepang. Tetapi kepada mereka yang membantu Jepang diperlakukan dengan baik bahkan juga diberi pendidikan terutama pendidikan militer dan Indonesia dapat membangun kekuatan bersenjata berkat bantuan orang-orang Jepang. Sebagian orang Jepang malah ikut mendorong kemerdekaan Indonesia. 

Bagi Komunitas Cinta Pejuang Indonesia (KCPI) penjajah adalah tetap penjajah, baik buruknya seorang penjajah tetap menimbulkan kerugian besar bagi yang terjajah. maka jangan memberi kesempatan negara lain lagi untuk menjajah bangsa ini.

bagaimana menurut anda ?

Share:

Postingan Populer KCPI

PROFIL KCPI

Bantu Perjuangan KCPI

Bantu Perjuangan KCPI
Klik Donasi

Entri yang Diunggulkan

KCPI Siap Menjadi Narasumber Wawasan Kebangsaan

KCPI siap memberi materi sebagai Nara sumber Bidang Nasionalisme dan Wawasan Kebangsaan berlatar belakang sejarah perjuangan bangsa kepada ...